25.2.12

Fort Rotterdam dan Pao Tere

Sore itu saya menemani Ayah saya ke lokasi proyek renovasi di mana perusahaannya ikut terlibat. Lokasinya adalah salah satu kompleks bangunan penting dan bersejarah di Makassar, Fort Rotterdam atau Benteng Rotterdam, peninggalan pendudukan Belanda.

DSC00303 DSC00311 DSC00327 DSC00344 DSC00349

DSC00329

DSC00333

suasana sore hari di benteng yang baru direnovasi dan kanal barunya

Sesampai di lokasi, Ayah saya berbincang dengan rekan kerjanya dan petugas audit dari pemerintah. Saya berkeliling dan mengambil banyak foto. Sejam kemudian, urusan selesai. Saya lalu mengajak Ayah saya ke pelabuhan Pao Tere. Pelabuhan Pao Tere adalah salah satu pelabuhan di Makassar. Banyak kapal dan perahu yang merapat di dermaga pelabuhan yang sudah lama berdiri itu.

Ayah saya mengarahkan mobil ke arah jalan menuju ke pelabuhan. Sesampai di sana, Ayah saya menunggu di mobil dan saya berkeliling dermaga. Pelabuhan itu dipenuhi kapal-kapal. Nelayan sibuk melakukan berbagai aktifitas. Saya berkeliling dan memotret kapal dan situasi di pelabuhan. Rasanya, saya ingin berlama-lama di sana, tapi hujan turun sehingga saya kembali ke Ayah. Kami pun pulang. Saya senang akhirnya mengunjungi Pao Tere. Suatu saat, saya akan ke kabupaten Bulukumba untuk menyaksikan kemegahan Perahu Phinisi yang legendaris.

 DSC00367 DSC00369 DSC00365DSC00374 DSC00387 DSC00393DSC00405    Suasana Pelabuhan Pao Tere, Makassar

¾