14.3.12

Perkuliahan Dimulai Lagi

Jadi, senin itu kelas pertama, kelas Keuangan Publik sempat ditunda. Seharunya dimulai pada pukul 11 tetapi ketua kelas mengabari kami bahwa perkuliahan akan dimulai pada pukul 13. Tetapi, saya tetap ke  kampus lebih awal pada pukul 10.  Dasi saya kencangkan dan berangkatlah saya ke kampus dengan mengendarai motor.

Sesampai di kampus, saya menuju ke perpustakaan. Saya sempat bertemu dengan Novia dan sedikit  bercerita mengenai StudentsxCEO kepada teman saya ini. Percakapan berakhir,  saya pun asyik membaca kompas dan beberapa halaman buku Keuangan Publik di salah satu sudut perpustakaan. 

Dosen Keuangan Publik kami bernama Mangasang Simatupang. Selama perkuliahan, beliau sangat menekankan nilai-nilai kementerian keuangan pada kami. Selain itu, sebagian besar perkuliahan, kami mendengarkan kritikan beliau terhadap situasi negara dan banyak permasalahan tentang kementerian keuangan. Beliau juga mengharapkan kami agar kami menjadi orang yang berkepribadian cantik dan menarik. Dengan kepribadian yang cantik dan menarik, seseorang akan menjadi berguna di lingkungan dan tempat kerjanya dan juga dapat menjadi manusia yang maju. Setelah itu beliau akhirnya membawakan kuliah Keuangan Publik. 

Salah satu pesan beliau yang saya catat adalah seperti ini. Jangan berpikir sedetik pun Anda maju sendiri, Anda maju, yang lain mati. Jangan biarkan teman menderita, ditinggal sendiri. Menurut saya, beliau menyinggung tentang nilai solidaritas. Kita tidak boleh maju sendiri, tapi kita harus sama-sama menjadi maju.
¾